439 Orang Terima Penghargaan Gubernur Anugerah Prestasi Dikpora Tahun 2018

439 ORANG TERIMA PENGHARGAAN GUBERNUR ANUGERAH PRESTASI DIKPORA TAHUN 2018

Sejumlah 439 peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, pelatih, lembaga, serta kepala daerah berprestasi menerima Penghargaan Gubernur Anugerah Prestasi Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Tahun 2018 dari Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X di GOR Amongraga Yogyakarta pada Rabu (19/12/2018). Berikut dengan 18 atlet dan pelatih asal DIY yang memperkuat kontingen Indonesia maupun meraih medali 1 emas 1 perak 2 perunggu dalam Asian Para Games 2018.

"Penerima Penghargaan Gubernur Anugerah Prestasi Bidang Pendidikan, Pemuda, Olahraga, sebanyak 439 orang dengan total capaian medali emas sebanyak 69, perak 76, dan perunggu 87, penghargaan terbaik 5 orang, dan penghargaan kategori khusus 6 orang. Untuk Asian Para Games ada 18 orang, terdiri 16 atlet 2 pelatih dengan perolehan 1 emas 1 perak 2 perunggu. Yang diberikan baik menjadi pemenang maupun yang sudah mewakili DIY untuk mengikuti event Asian Para Games 2018," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji.
       
Dikemukakan, dari tahun ke tahun penerima penghargaan tersebut selalu mengalami peningkatan. Dengan rata-rata sekitar 40-50 orang setiap tahunnya. Sehingga warga DIY yang berprestasi pun kian bertambah. Terkait itu dirinya pun mengusulkan supaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk Disdikpora DIY, jika diperlukan semuanya dapat digunakan untuk pemberian penghargaan. Sebab bagaimanapun, tujuan utama penyelenggaraan kegiatan ini untuk mengapresiasi prestasi pelajar maupun lainnya yang berada di bawah naungan Disdikpora. Dirinya pun tak lupa mengucapkan terima kasih atas perolehan prestasi yang diraih, serta permohonan maaf atas layanan yang dinilai masih kurang.  

Sekitar Rp 6 miliar digelontorkan pihaknya untuk penghargaan tahun 2018 tersebut. Nominal tertinggi sejumlah Rp 225 juta diberikan melalui anggaran dana hibah NPC DIY yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY Nomor 334/KEP/2018 tentang Penetapan Penerima dan Besaran Penghargaan Prestasi Bagi Atlet dan Pelatih Asian Para Games 2018, kepada atlet tunanetra low vision B2 National Paralympic Committee (NPC) DIY Gayuh Satrio, yang berhasil meraih 1 emas 1 perak 1 perunggu dalam Cabang Olahraga (Cabor) Catur Asian Para Games 2018. Rekannya atlet tunadaksa bawah B7 Sukirman mendapatkan penghargaan sejumlah Rp 37,5 juta melalui 1 perunggu Cabor Lawn Ball. Kemudian pelatih dan para atlet NPC DIY lainnya yang memperkuat Indonesia dalam Asian Para Games 2018 juga mendapatkan apresiasi masing-masing Rp 1,5 juta. Sebagai informasi, besaran tersebut belum termasuk potongan pajak penghasilan (Pph) 6 persen.           

Sedangkan bagi juara dan pelatih/pembimbing sesuai yang tertuang dalam SK Gubernur DIY Nomor 337/KEP/2018 tentang Penetapan Penerima dan Besaran Penghargaan Prestasi Bagi Juara dan Pelatih/Pembimbing Bidang Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Tahun 2018, ada SMKN 1 Sewon Bantul yang mendapatkan penghargaan sebesar Rp 100 juta atas prestasinya dalam meraih Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2018. Tidak ketinggalan Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo, M.Si., dan Bupati Gunungkidul Badingah, S.Sos., yang masing-masing diganjar penghargaan Rp 20 juta atas Juara 1 dalam Kuis Kihajar Tingkat Nasional Tahun 2018 di Jakarta, kategori Kepala Daerah Peduli TIK untuk Pendidikan Tingkat Pratama maupun Tingkat Madya.       

Di bidang olahraga, sejumlah atlet dan pelatih Pemusatan Latihan Daerah Komite Olahraga Nasional Indonesia (Puslatda KONI) DIY juga menerima penghargaan tersebut dengan besaran bervariasi, sesuai dengan perolehan prestasi yang diraih dalam event kejuaraan nasional (kejurnas). Seperti atlet Okka Bagus Subekti, Elvina Ika Fitriana, Rico Choirul Azhar, Baihaqi Mustafa Surya Atmaja, Federico Rifqi, Arif Dwi Pangestu, Hilmi Yumnaa Haliza, dan Odilla Zaneta Nurprastejo dari cabor panahan. Kemudian Nur Majid Aditya Rahman dan Ananda Diva Saputri dari cabor balap sepeda. Bambang Mujiono, S.Pd.Kor., dan Ambar Setiawan, S.Pd.Kor., dari segi pelatih cabor pencak silat. Lalu Subarno, S.Pd., Edi Sudrajat, dan Rahmat Sulistyawan dari cabor panahan.

Adapun sebagai dasar pelaksanaan kegiatan, selain 2 SK di atas juga berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) DIY Nomor 70 Tahun 2012 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Prestasi Bidang Pendidikan/Akademik, Penelitian, Sains, Kreativitas, Seni, Kepemudaan, dan Olahraga. Serta Penetapan Dokumen Perubahan Pelaksanaan Anggaran Nomor 87/DPPA/2018.       

"Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, mendorong generasi berikutnya untuk mengikuti jejak prestasi dari seniornya, merangsang dan menumbuhkan bakat prestasi pelajar, masyarakat pendidikan, dan generasi muda untuk mengasah kemampuan diri dan siap untuk berkompetisi, membangun budaya kompetitif yang positif di kalangan pelajar, juga untuk terus mengembangkan potensi di bidang akademik, sains, penelitian, kreativitas, seni, pemuda, dan olahraga," paparnya. 

Sementara itu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya mengingatkan akan arti pentingnya sebuah prestasi. Karena selain berguna untuk meningkatkan potensi diri, prestasi, juga merupakan wujud nyata kualitas dan kuantitas yang diperoleh seseorang atas usaha yang diperoleh. Prestasi merupakan pengalaman yang bisa menjadi pelajaran berharga untuk masa depan. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan masyarakat bangsa. Adanya pemberian penghargaan yang sederhana ini, menjadi usaha agar prestasi yang dicapai dapat terus dikembangkan. Sebab kalau tidak, bisa jadi akan terbentur kemandegan, oleh mandulnya inovasi dan kreativitas, sehingga ditinggalkan oleh kemajuan bangsa lain.

"Saya menyampaikan penghargaan yang tinggi atas upaya-upaya tak kenal lelah dan tak kunjung menyerah dari para penggiat kegiatan pendidikan, pemuda, dan olahraga penerima penghargaan ini," imbuh Gubernur DIY.

Turut hadir dalam acara tersebut, Anggota Forkopimda DIY, Bupati & Kepala Dinas Dikpora se-DIY, Ketua Umum KONI DIY Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO & jajaran, sejumlah tamu undangan, serta para penerima penghargaan terkait.    

Caption Foto : (tengah) Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Kepala Disdikpora DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, Ketua Umum KONI DIY Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO., serta para penerima Penghargaan Gubernur Anugerah Prestasi Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Tahun 2018, foto bersama di GOR Amongraga Yogyakarta pada Rabu (19/12/2018).

Foto & Teks : Bidang Media dan Humas KONI DIY







ARTIKEL TERKAIT


Gubernur Diy Resmi Buka Porda Xiv 2017
29 Juli 2017
GUBERNUR DIY RESMI BUKA PORDA XIV 2017
Kalaupun menang tidaklah sombong, dan kalah maka terima dengan sportif. Jadikan itu sebagai cambuk untuk bangkit kembali.
Atlet Pentathlon Diy Jalani Short Training Di Korea Selatan
28 Mei 2018
ATLET PENTATHLON DIY JALANI SHORT TRAINING DI KOREA SELATAN
Mudah-mudahan yang pertama ini bisa mengawali di DIY, karena di KONI belum ada dan masih di bawah KOI. Harapan bisa menampilkan yang terbaik, mudah-mudahan bisa masuk dalam tim inti dan meraih medali. Mohon doa restunya
Tes Kesehatan Simpulkan Atlet Kurang Konsumsi Air Minum
18 Desember 2018
TES KESEHATAN SIMPULKAN ATLET KURANG KONSUMSI AIR MINUM
Dari hasil creatinin yang dapat mengetahui fungsi ginjal, agak prihatin karena banyak yang terlalu tinggi. Padahal normalnya perempuan 0.60 sampai 1.10, laki-laki 0.70 sampai 1.30. Perilaku minum air masih kurang bagus sehingga sebabkan dehidrasi