Koni Diy Jalin Sinergi Dengan Uny

KONI DIY JALIN SINERGI DENGAN UNY

Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjalin sinergi dengan perguruan tinggi, setelah sebelumnya dengan Dinas Pariwisata DIY dan Surat Kabar Harian (SKH) Kedaulatan Rakyat. Upaya ini dilakukan untuk mewujudkan peranan KONI DIY dalam membantu Pemerintah Daerah (Pemda) DIY terutama dalam membina dan mengembangkan olahraga prestasi di DIY.  

Termasuk di antaranya bekerja sama dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) di dalamnya, dan menjadi salah satu kampus pilihan khususnya bagi atlet maupun calon pelatih olahraga yang ingin melanjutkan pendidikan tingkat Strata Satu maupun Strata Dua.  

Ketua Umum KONI DIY Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M. Kes., AIFO, dalam audiensi dengan Rektor UNY dan jajaran di Rektorat UNY pada Selasa (14/08/2018), menyampaikan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan selama ini. Terutama dalam memberikan kesempatan bagi atlet berprestasi untuk mengenyam pendidikan tinggi melalui jalur prestasi. Dirinya pun berharap dukungan ini dapat terus berkelanjutan ke depannya, termasuk juga memberikan kesempatan bagi pelatih cabang olahraga (cabor) untuk bisa menjadi tenaga atau staf pengajar di UNY. 

"Ini sebagai bentuk konsistensi pembinaan kami dalam mencarikan sekolah dan kerja untuk atlet maupun pelatih," ujar Prof. Djoko. 

Di samping itu, pihaknya juga berharap UNY dapat turut membantu dan memfasilitasi pelatihan olahraga seperti di GOR maupun Stadion Atletik dan Sepakbola UNY, serta menyediakan tenaga ahli psikologi untuk memberikan motivasi kepada para atlet. Sebaliknya, KONI DIY yang mewadahi 55 cabor, badan fungsional, dan KONI Kabupaten/Kota, juga bisa membantu mahasiswa UNY, misal dalam menjalankan praktik kepelatihan di klub maupun pengurus daerah (pengda) cabor.

"Dalam SK Kepengurusan KONI DIY yang baru kami juga meminta kembali Pak Rektor dan Dekan FIK UNY menjadi Dewan Penyantun. Di kepengurusan juga ada 11 orang dari FIK, atau sekitar 30 persen dari total 37 orang. Saat ini kami juga telah mengadakan Puslatda untuk persiapan PON Papua sekitar 157 atlet, 42 di antaranya tercatat mahasiswa UNY. Di Asian Games ada sekitar 11 atlet dari UNY," jelas dia. 

Sementara itu Rektor UNY Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., yang didampingi oleh Wakil Dekan III FIK UNY Drs. Amat Komari, M. Si., menyambut baik kerja sama yang dijalin dan mendukung kelanjutan pendidikan bagi atlet berprestasi. Dikemukakan, pada tahun 2018 pihaknya setidaknya menyediakan kuota sekitar 30 persen untuk jalur prestasi. Hal ini tidak hanya berlaku untuk program studi (prodi) keolahragaan saja, namun juga prodi lainnya seperti Psikologi, yang menjadi pilihan bagi atlet balap sepeda Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) Asian Games 2018 Liontin Evangelina.

"Kami tentu mendukung atlet berprestasi dan terkait fasilitas olahraga, setuju untuk disinergikan, bisa dengan FIK. Karena ini bagian dari tugas UNY untuk kembangkan prestasi olahraga di DIY, " kata Prof. Sutrisna. 

Turut hadir dalam audiensi, Wakil Ketua II KONI DIY Drs. Rumpis Agus Sudarko, M.S., Sekretaris Umum Drs. Agung Nugroho, M.Si., Anggota Bidang Sport Science, IPTEK & LITBANG Dr. dr. B.M. Wara Kushartanti, M.S., Anggota Bidang Rencana Program dan Anggaran Muji Slamet, Anggota Bidang Media dan Hubungan Masyarakat Agung Murharjanto, SH., serta Ketua Bidang Kesejahteraan Pelaku Olahraga, Kerjasama Dalam dan Luar Negeri Ferry Astono.

Foto & Teks : Bidang Media dan Humas KONI DIY






ARTIKEL TERKAIT


Susunan Personalia Koni Diy Alami Perombakan
08 Agustus 2018
SUSUNAN PERSONALIA KONI DIY ALAMI PEROMBAKAN
Yang berbeda dari sisi terminologi, yang kemudian disesuaikan dengan AD/ART KONI, yakni Ketua I menjadi Wakil Ketua I yang dijabat oleh Pak Triyandi Mulkan, SH., MM., Wakil Ketua II yang sekarang dijabat oleh Drs. Rumpis Agus Sudarko, M.S., dan Wakil Ketu
Prof Djoko Pekik Ditetapkan Sebagai Ketua Umum Koni Diy
12 Mei 2018
PROF DJOKO PEKIK DITETAPKAN SEBAGAI KETUA UMUM KONI DIY
Dengan ini kami pimpinan sidang menyatakan Prof. Dr. Djoko Pekik, M.Kes., AIFO secara sah sebagai Ketua Umum KONI DIY definitif periode 2017-2019
Partai Puncak Proliga 2018 Di Gor Amongraga Yogyakarta
12 April 2018
PARTAI PUNCAK PROLIGA 2018 DI GOR AMONGRAGA YOGYAKARTA
Dengan tunjukkan permainan sportif, menarik, dan menghibur, ajang ini bisa menjadi gambaran bagi pemain untuk bertanding di level lebih tinggi seperti Asian Games