Prestasi Meningkat, Bapomi Diy & Koni Kabupaten Kulonprogo Diganjar Penghargaan Koni Diy

PRESTASI MENINGKAT, BAPOMI DIY & KONI KABUPATEN KULONPROGO DIGANJAR PENGHARGAAN KONI DIY

Yogyakarta (22/1/2020) konidiy.or.id – Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (BAPOMI DIY) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kulon Progo meraih penghargaan KONI DIY dalam kegiatan Rapat Anggota KONI DIY yang berlangsung di Hotel Tara Yogyakarta pada Rabu (22/1).

Ketua Panitia Pelaksana Nolik Maryono menjelaskan, penghargaan tersebut diberikan kepada pihak-pihak yang mampu mencatatkan peningkatan prestasi olahraga pada tahun 2019. Seperti BAPOMI DIY, salah satu Badan Fungsional Anggota KONI DIY tersebut, berhasil naik 4 (empat) peringkat dalam ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI di Jakarta pada 19-26 September 2019 lalu. Menduduki peringkat ke-7 (tujuh), Kontingen DIY mampu memperoleh 7 medali emas, 14 perak, 12 perunggu. Sebelumnya pada POMNAS XV Tahun 2017 di Makassar, Sulawesi Selatan, DIY berada di peringkat 11 dengan 3 emas, 6 perak, 4 perunggu.

Peningkatan prestasi juga dicatatkan oleh KONI Kabupaten Kulon Progo, utamanya dalam tiga penyelenggaraan Pekan Olahraga Daerah (PORDA) DIY terakhir. Sebagai informasi pada PORDA XIII DIY Tahun 2015, Kontingen Kulon Progo berhasil mengoleksi 23 medali emas, 39 perak, 74 perunggu. Lalu pada PORDA XIV DIY Tahun 2017, mampu memperoleh 32 emas, 28 perak, 74 perunggu. Dan pada PORDA XV DIY Tahun 2019, berhasil meraih 40 emas, 28 perak, 65 perunggu.

Di samping itu, dua Pengurus Daerah Cabang Olahraga (Pengda Cabor) Anggota KONI DIY yakni Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) DIY juga memperoleh penghargaan serupa. Karena dinilai telah memenuhi 3 (tiga) kriteria, yaitu tertib administrasi, tertib organisasi, dan berprestasi. Seperti diketahui, dalam Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) Tahun 2019, kedua cabor banyak menyumbangkan atlet yang lolos ke PON XX Papua Tahun 2020. Masing-masing 16 atlet panahan dan 11 atlet pencak silat.  

“Perolehan medali yang terus meningkat dalam tiga penyelenggaraan PORDA terakhir, tanda bahwa peningkatan prestasi dan pembinaan di Kabupaten Kulon Progo cukup berhasil. Kami juga memberikan penghargaan bagi media cetak maupun elektronik di DIY, yang pada tahun 2019 aktif dan terus mengikuti, menayangkan, maupun menyiarkan seluruh kegiatan KONI DIY,” ujar Nolik kepada audiens.

Adapun penghargaan untuk media cetak jatuh kepada Surat Kabar Harian (SKH) Kedaulatan Rakyat. Dan penghargaan untuk media elektronik diberikan kepada RRI Yogyakarta dan TVRI Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, dengan didampingi oleh Ketua Umum KONI DIY Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO., dan Wakil Ketua III KONI DIY GKR Bendara, BA., M.Sc.

“Kami bangga dan senang mendapatkan penghargaan dalam rangka peningkatan prestasi. Namun untuk selanjutnya kami harus bekerja keras ke depan dan pertanggungjawabkan untuk perolehan ini. Harapan untuk PORDA-PORDA selanjutnya bisa meningkat,” imbuh Ketua Umum KONI Kabupaten Kulon Progo Bambang Gunoto, S.Pd.

 

Foto : Istimewa

Teks : Bidang Mobilisasi Sumber Daya, Promosi, Media dan Humas KONI DIY





ARTIKEL TERKAIT


Dokter Antok Ketua Umum Koni Diy Terpilih Periode 2017-2021
25 Maret 2017
DOKTER ANTOK KETUA UMUM KONI DIY TERPILIH PERIODE 2017-2021
Ingin ajak cabor & dengar pendapat mereka untuk pembentukan pengurus, sehingga enak bisa mendengar suara mereka langsung, walau ini jadi hak prerogatif saya. Tanggung jawab yang berat & jadi amanah bagi saya, terima kasih bagi yang sudah mendukung saya
Pentingnya Pemahaman Pelaku Olahraga Terhadap Ad/art Koni
13 Desember 2018
PENTINGNYA PEMAHAMAN PELAKU OLAHRAGA TERHADAP AD/ART KONI
Saya melihat bahwa sebagian kecil atau besar masih belum pahami sumber pelaksanaan program KONI. Sebenarnya kuncinya di AD/ART, maka kemudian dibuat sistematis terhadap pemahaman KONI DIY dengan membuat Ayo Mengenal KONI
Pendaftaran Bakal Calon Ketua Umum Koni Diy Mulai 18 April 2018
17 April 2018
PENDAFTARAN BAKAL CALON KETUA UMUM KONI DIY MULAI 18 APRIL 2018
Untuk syarat itu juga didukung oleh sekurang-kurangnya 10 anggota KONI DIY, yang dibuktikan dengan surat pernyataan dukungan pencalonan sebagai Calon Ketua Umum KONI DIY