Koni Diy Tetapkan Data Atlet Porda Xv Tahun 2019

KONI DIY TETAPKAN DATA ATLET PORDA XV TAHUN 2019

Yogyakarta (11/07/2019) konidiy.or.id - Komite Olahraga Nasional Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (KONI DIY) akhirnya menetapkan nama-nama atlet yang akan menjadi peserta Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XV Tahun 2019, dalam rapat bersama yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai 2 KONI DIY pada Kamis (11/07).

Dipimpin langsung oleh Ketua Umum KONI DIY Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO., dengan didampingi Sekretaris Umum Drs. Agung Nugroho AM, M.Si., Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PORDA XV Tahun 2019 Drs. Rumpis Agus Sudarko, M.S., beserta jajaran, ajang olahraga multievent tersebut secara resmi akan diikuti oleh 3.400 atlet se-DIY yang berasal dari berbagai cabang olahraga (cabor).

Meliputi kontingen tuan rumah Kota Yogyakarta yang berjumlah 785 atlet, Kabupaten Sleman sebanyak 757 atlet, Kabupaten Bantul sejumlah 795 atlet, Kabupaten Kulonprogo sebanyak 571 atlet, dan Kabupaten Gunungkidul sejumlah 492 atlet. Penetapan tersebut telah menjadi keputusan final KONI DIY. Terutama setelah sebelumnya dilakukan proses Entry By Name (EBN) oleh Panpel PORDA XV Tahun 2019. Kemudian pengajuan hingga penyelesaian sengketa olahraga di tingkat Panpel maupun Badan Arbitrase Olahraga Daerah (BAORDA) DIY yang hasilnya bersifat final dan mengikat.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrahim, maka data atlet yang akan bertanding dalam PORDA XV Tahun 2019 pada hari Kamis, tanggal 11 juli 2019 pukul 15.55 WIB, kita nyatakan sah," ujar Prof. Djoko yang secara resmi menetapkan data atlet sembari mengetuk palu.

Dalam kesempatan tersebut, Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) ini juga mengucapkan terima kasih kepada Pengurus KONI Kabupaten/Kota yang turut hadir dalam kegiatan rapat. Di antaranya seperti Wakil Ketua KONI Kabupaten Sleman Andi Hirawan, Ketua Umum KONI Kota Yogyakarta Tri Djoko Susanto dan jajaran, Ketua Umum KONI Kabupaten Kulonprogo Bambang Gunoto dan jajaran, Ketua Umum KONI Kabupaten Bantul Subandrio dan jajaran, serta Ketua Umum KONI Kabupaten Gunungkidul Jarot Budi Santoso dan jajaran.   

Perihal perbedaan pendapat dalam pengambilan keputusan, seperti adanya ketidakpuasan dari KONI Kabupaten/Kota terutama terkait dengan nama-nama atlet yang dapat maupun tidak dapat bertanding dalam PORDA, menurutnya dinamika tersebut wajar terjadi dalam suatu organisasi olahraga. Namun demikian, dengan jiwa dan semangat kebersamaan yang kokoh, pihaknya berharap pelaksanaan PORDA XV Tahun 2019 dapat berjalan lancar dan sukses.          

Sementara itu Ketua Panpel PORDA XV Tahun 2019 Drs. Rumpis Agus Sudarko, M.S., menambahkan total ada 27 atlet yang tidak lolos dalam proses EBN. Yakni 15 atlet karena persoalan kependudukan, dan 12 atlet karena persoalan mutasi. Dari 15 atlet tersebut, di antaranya 4 atlet Kabupaten Bantul, 5 atlet Kabupaten Gunungkidul, 1 atlet Kota Yogyakarta, 2 atlet Kabupaten Kulonprogo, dan 3 atlet Kabupaten Sleman.  Kemudian untuk 12 atlet  terdiri dari 3 atlet Kabupaten Sleman, dan 9 atlet Kota Yogyakarta. Sehingga data semula yang berjumlah 3.427 atlet, akhirnya menjadi 3.400 atlet yang dapat bertanding di PORDA XV Tahun 2019. Perihal pergantian atlet, memungkinkan terjadi apabila atlet sakit yang kemudian disertai dengan Surat Keterangan Dokter KONI DIY. Serta adanya panggilan bagi atlet untuk mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas). Sebab dengan mengikuti Pelatnas, praktis hak bertanding di PORDA XV Tahun 2019 gugur.     

"Setelah ini kemudian akan dibuatkan SK oleh Ketua Umum, untuk kemudian disampaikan ke KONI Kabupaten/Kota untuk dikeluarkannya SK Kontingen guna keperluan administrasi. Dan masing-masing pengda cabor juga akan diberi daftar nama tersebut, misal atletik akan diberi nama atlet-atlet yang bisa tanding, sehingga cabor bisa siapkan drawing, jadwal pertandingan, dan sebagainya," imbuh Rumpis.

Caption Foto : (tengah) Ketua Umum KONI DIY Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO., didampingi Sekretaris Umum Drs. Agung Nugroho AM, M.Si. (kanan), dan Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) PORDA XV Tahun 2019 Drs. Rumpis Agus Sudarko, M.S. (kiri), ketika memimpin Rapat Penetapan Nama Atlet PORDA XV Tahun 2019 di Ruang Rapat Lantai 2 KONI DIY pada Kamis (11/07).  

Foto & Teks : Bidang Media dan Humas KONI DIY






ARTIKEL TERKAIT


Diy, Tuan Rumah Kejurnas Wushu Junior & Senior 2018
23 Maret 2018
DIY, TUAN RUMAH KEJURNAS WUSHU JUNIOR & SENIOR 2018
Kejurnas Wushu memperebutkan Piala Raja Hamengku Buwono X ketiga dan Piala Bergilir Presiden Republik Indonesia perdana
Koni Diy Sosialisasi Pedoman Umum Porda Xv 2019 & Mutasi Atlet
08 Maret 2018
KONI DIY SOSIALISASI PEDOMAN UMUM PORDA XV 2019 & MUTASI ATLET
Sehingga kemudian disepakati dan dari usul beberapa kabupaten, atlet yang mengikuti Pelatnas tidak boleh turun di PORDA. Karena mau kita, PORDA untuk PON, SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade
Koni Diy Dorong Pengda Pasi Cetak Atlet Pelatnas
10 Desember 2018
KONI DIY DORONG PENGDA PASI CETAK ATLET PELATNAS
Kita selalu sumbang pelatih di Pelatnas, tapi atletnya tidak. Di Asian Games lalu ada satu atlet Bayu dan pelatih Pak Herry. Ke depan dengan adanya pelatihan 50 pelatih atletik ini dapat memunculkan itu, dan pelatih tidak hanya berhenti di level daerah