Gubernur Aau Buka Kejuaraan Panahan Tingkat Nasional

GUBERNUR AAU BUKA KEJUARAAN PANAHAN TINGKAT NASIONAL

Sleman (26/04/2019) konidiy.or.id - Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsda TNI Tatang Harlyansyah, SE., MM., secara resmi membuka Kejuaraan Panahan Tingkat Nasional bertajuk Gubernur AAU Open 2019 yang berlangsung di Lapangan Sepak Bola Atas AAU pada Jum'at (26/04) pagi.

Event yang juga menjadi agenda tahunan Pengurus Kabupaten Persatuan Panahan Indonesia (Pengkab Perpani) Sleman tersebut, dihelat pada 26-28 April 2019. Dengan diikuti sekitar 740 atlet dari 123 klub maupun perkumpulan panahan yang ada di Indonesia. Seperti Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Balikpapan, Pekanbaru, Padang, Pangkal Pinang, Batam, Daerah Istimewa (DI) Aceh, Lampung Selatan, dan Buton.

Ada delapan kategori yang dipertandingkan dalam kejuaraan ini. Mulai dari Standar Bow U-9 putra dan putri, Standar Bow U-12 putra dan putri, Standar Bow U-15 putra dan putri, Standar Bow Umum putra dan putri, Standar Bow Master Usia 40 tahun putra dan putri, Bare Bow 20 m putra dan putri, Master Class Bare Bow 50 m putra dan putri, hingga Horse Bow 20 m putra dan putri. Adapun pemanah terbaik putra dan putri dari seluruh kategori lomba tersebut, akan mendapatkan medali, sertifikat, serta uang pembinaan dengan total mencapai Rp 23.400.000,-.

Di samping itu, melalui kejuaraan series yang bekerja sama dengan Bare Bow Indonesia (BBI) ini juga memberikan peluang bagi para atlet terbaik untuk mewakili Indonesia di ajang panahan internasional. Sebagai informasi, ajang ini diadakan dengan tujuan untuk memajukan olahraga panahan, sekaligus membangun kerja sama antara AAU dengan Perpani Sleman, juga menjalin silaturahmi dengan masyarakat khususnya atlet panahan yang ada di Indonesia. 

"Pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan bagian upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Di mana pembinaan ini diharapkan pada peningkatan jasmani, mental, rohani, membentuk watak dan kepribadian, disiplin dan sportivitas tinggi, guna meningkatkan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional. Inilah salah satu tujuan kami dari AAU menggelar kejuaraan ini, dan di antaranya untuk memupuk rasa kebangsaan kepada seluruh masyarakat yang ada di sini," ujar Marsda TNI Tatang Harlyansyah, SE., MM., melalui sambutan pembukaan yang disampaikan kepada audiens. 
 
Di sisi lain, event ini diharapkan dapat menjaring bibit-bibit atlet panahan Indonesia, sekaligus menjadi tolak ukur dalam pengembangan keterampilan atlet. Ke depan, pihaknya juga berencana menggelar event tersebut secara rutin setiap tahun.

Sementara itu Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY Drs. Agung Nugroho AM., M.Si., yang berkesempatan hadir dan mewakili Ketua Umum KONI DIY, turut mengapresiasi penyelenggaraan kejuaraan tersebut. Terlebih pelaksanaan pertandingan cabang olahraga (cabor) panahan di AAU terbilang langka. Harapannya dengan demikian, peserta pun dapat lebih mengenal tentang keberadaan AAU, selain juga untuk bertanding. Di sisi lain, event ini juga diharapkan dapat menjadi ajang pemanasan bagi para atlet jelang event lainnya seperti Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XV DIY Tahun 2019, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2019, dan babak pra kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2019. 

"Semoga selanjutnya, kejuaraan ini juga dapat diakui sebagai kalender kejuaraan nasional resmi oleh PB Perpani," imbuh Agung.

Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan demo atraksi dari tiga atlet terjun payung nasional yang juga merupakan Anggota Federasi Aerosport Seluruh Indonesia Daerah (FASIDA) DIY. Seperti Ir. Hendro Satrio, Peltu R. Rahmansyah Yudiana, dan Serka Mukri. Turut hadir dalam acara pembukaan yakni, Wakil Gubernur AAU, Komandan Lanud Adisutjipto, Ka RSPAU dr. S. Hardjolukito, para pejabat AAU, Kepala Balai Tekkomdik DIY Ir. Edy Wahyudi, M.Pd., Pengda Perpani DIY, Ketua Umum KONI Kabupaten Sleman Ir. Pramana, hingga Pengkab Perpani Sleman.      


Caption Foto : Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU) Marsda TNI Tatang Harlyansyah, SE., MM., bersiap melakukan pemanahan pertama, yang secara simbolis menandai pembukaan Kejuaraan Panahan Tingkat Nasional bertajuk Gubernur AAU Open 2019.

Foto & Teks : Bidang Media dan Humas KONI DIY





ARTIKEL TERKAIT


Dojo Judo Akan Dilengkapi Fasilitas Penerangan
24 Oktober 2018
DOJO JUDO AKAN DILENGKAPI FASILITAS PENERANGAN
Akan usahakan lampu penerangan supaya atlet juga lebih semangat dalam latihannya
Sleman Juara Umum Porda Xiv 2017
05 Agustus 2017
SLEMAN JUARA UMUM PORDA XIV 2017
Atlet hendaknya tidak cepat puas dengan perolehan prestasi yang didapat di ajang PORDA. Sebaiknya justru dijadikan bahan evaluasi dan menjadi semangat untuk tetap terus berlatih, guna meraih prestasi yang terbaik.
Pomda Diy Tahun 2018, Persiapan Menuju Pomnas
27 November 2018
POMDA DIY TAHUN 2018, PERSIAPAN MENUJU POMNAS
Kompetisi Pekan Olahraga Mahasiswa Daerah menjadi indikator dalam proses pembinaan olahraga prestasi di kalangan mahasiswa. Ini menjadi bagian dari Pekan Olahraga di atasnya yang pada tahun 2019 akan ikuti POMNAS di Jakarta