1.679 Atlet Ikuti Popda Diy Tahun 2019

1.679 ATLET IKUTI POPDA DIY TAHUN 2019

Pekan Olahraga Pelajar Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (POPDA DIY) kembali digelar oleh Balai Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (BPO Disdikpora) DIY. Kali ini ada sejumlah 1.679 atlet pelajar se-DIY yang mengikuti ajang tahunan tersebut. Dilaksanakan pada 15-19 Maret 2019, POPDA DIY Tahun 2019 mempertandingkan 27 cabang olahraga (cabor) dan dua cabor eksebisi, yakni Woodball dan Gateball.

Dari 27 cabor tersebut di antaranya cabor Anggar dengan tempat pertandingan di GOR KONI Wates Kulonprogo. Kemudian Angkat Besi (Balai Desa Bangunharjo Bantul), Atletik (Stadion Mandala Krida Baru Yogyakarta), Bola Basket (GOR Kridosono Yogyakarta), Balap Sepeda (Youth Center & Kompleks Stadion Mandala Krida Baru Yogyakarta), Bola Voli (GOR Amongraga Yogyakarta), Bridge (Aula KONI DIY Lantai 1), Bulutangkis (Gelanggang Pemuda Sorowajan Bantul), Catur (Aula KONI DIY Lantai 2), Gulat (GOR Gapensi Bantul), Judo (Dojo Pengda PJSI Sorowajan Bantul), Karate (Gedung Bumiputera Yogyakarta), dan Kempo (GOR Amongraga Yogyakarta).

Lalu cabor Panahan (Lapangan Panahan Kenari Yogyakarta), Panjat Tebing (Arena Panjat Tebing Mandala Krida Yogyakarta), Pencak Silat (Graha Wana Bhakti Yasa Yogyakarta), Renang (Kolam Renang UNY Wates Kulonprogo), Senam (Hall Bulutangkis FIK UNY), Sepak Bola (Stadion Mandala Krida Baru Yogyakarta), Sepatu Roda (Track Sepatu Roda Stadion Sultan Agung Bantul), Sepak Takraw (GOR KONI Wates Kulonprogo), Tarung Derajat (GOR Amongraga Yogyakarta), Taekwondo (UKDW), Tenis Lapangan (Lapangan Tenis UNY), Tenis Meja (Gedung Dwisata Warsa Kauman Yogyakarta), Tinju (Sasana PERTINA Kalasan Sleman), dan Voli Pasir (Lapangan Voli Mandala Krida Yogyakarta).

"Peserta POPDA yakni olahragawan pelajar yang berasal dari sekolah negeri atau swasta dan mewakili kabupaten/kota se-DIY," ujar Kepala Disdikpora DIY Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji dalam Laporan Penyelenggaraan POPDA DIY Tahun 2019 yang disampaikan di GOR Amongraga Yogyakarta pada Jum'at (15/03/2019).

Adapun maksud diadakannya kegiatan POPDA DIY Tahun 2019,  yakni sukses penyelenggaraan, sukses dalam pencapaian prestasi, serta sukses dalam mencetak prestasi atlet yang ada di DIY. Sedangkan tujuan kegiatan yaitu mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar DIY, mencetak dan melahirkan calon-calon atlet terbaik di kalangan pelajar, yang nantinya di masa depan diharapkan dapat menjadi atlet andalan DIY dan Indonesia. Kemudian menjadi momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih dan berprestasi di ajang olahraga, serta memelihara maupun meningkatkan persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar. Total ada 231 medali emas, 231 medali perak, dan 347 medali perunggu yang diperebutkan.          

"Dalam bidang olahraga pelajar, pembinaan dapat dilakukan dengan cara mengidentifikasi ketersediaan potensi dan bakat di bidang olahraga. Selanjutnya dilakukan pembibitan melalui proses seleksi dan pembinaan melalui kompetisi tingkat provinsi seperti ini," jelas Sekretaris Daerah DIY Ir. Gatot Saptadi dalam Sambutan Pembukaan POPDA DIY Tahun 2019.

Bibit-bibit berprestasi tersebut, lanjut dia, nantinya akan terus dibina agar dapat meningkatkan prestasi sampai ke jenjang kompetisi yang lebih tinggi. Pembinaan olahraga ini juga tak lepas dari beberapa hal, seperti kesiapan tenaga pelatih, sarana dan prasarana, serta teknologi. Dirinya pun mendorong para peserta untuk menorehkan prestasi dan menampilkan kemampuan terbaiknya dalam POPDA DIY Tahun 2019. Tentu dengan tidak meninggalkan jiwa sportivitas dalam olahraga.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY Prof. Dr. Djoko Pekik Irianto, M.Kes., AIFO., didampingi Sekretaris Umum KONI DIY Drs. Agung Nugroho AM, M.Si., turut menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penyelenggaraan POPDA DIY Tahun 2019. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mencetak calon bibit-bibit baru atlet tingkat pelajar, yang ke depan dapat berkiprah di tingkat nasional maupun internasional.    

Caption Foto : (kanan) Sekretaris Daerah DIY Ir. Gatot Saptadi secara simbolis membuka ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (POPDA DIY) Tahun 2019 yang diadakan di GOR Amongraga Yogyakarta pada Jum'at (15/03/2019).

Foto & Teks : Bidang Media dan Humas KONI DIY








ARTIKEL TERKAIT


Pimpin Pgi Diy, Junaidi Target Diy Tuan Rumah Pra-pon
28 Desember 2018
PIMPIN PGI DIY, JUNAIDI TARGET DIY TUAN RUMAH PRA-PON
Terima kasih atas kesempatan yang diberikan. Target, pertama tentu ingin DIY menjadi tuan rumah Pra-PON. Sudah nego dengan PB (PGI), untuk hal itu bersaing dengan Sulsel. Sekali-kali Pra-PON di Yogyakarta, semoga saja terwujud
Partai Puncak Proliga 2018 Di Gor Amongraga Yogyakarta
12 April 2018
PARTAI PUNCAK PROLIGA 2018 DI GOR AMONGRAGA YOGYAKARTA
Dengan tunjukkan permainan sportif, menarik, dan menghibur, ajang ini bisa menjadi gambaran bagi pemain untuk bertanding di level lebih tinggi seperti Asian Games
Gubernur Aau Buka Kejuaraan Panahan Tingkat Nasional
26 April 2019
GUBERNUR AAU BUKA KEJUARAAN PANAHAN TINGKAT NASIONAL
Inilah salah satu tujuan kami dari AAU menggelar kejuaraan ini, dan di antaranya untuk memupuk rasa kebangsaan kepada seluruh masyarakat yang ada di sini